Tips memilih toko online (olshop)

11:54:00 Unknown 0 Comments

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Sekarang ini jaman yang serba mudah, iya ga sih?
Contohnya untuk bisa membuat suatu kerajinan kita tidak perlu mengikuti les private atau semacamnya, tinggal lihat tutorial di google kita bisa langsung praktek sendiri.
meskipun hasilnya kadang tidak langsung bagus, berbeda dengan hasil yang ikut les private atau semacamnya, butuh kesabaran dan ketekunan untuk mendapat hasil sempurna :D



Sesuai topik kita kali ini tentang tips memilih toko online (olshop), sekarang ini sudah banyak toko online (Olshop) tersebar di dunia maya ini.
dengan adanya toko online ini kita tidak perlu bersusah payah antri dan panas"an untuk mendapatkan barang yang kita inginkan, kecuali tokonya AC :D
kita bisa mendapatkan barang yang kita inginkan hanya dengan duduk manis dirumah dan menunggu barang yang kita pesan sampai kerumah.
tetapi ... tidak sedikit yang menyalah gunakan fasilitas online yang telah kita dapat sekarang ini,
Sebelum membeli barang kita harus lebih teliti memilih toko online (olshop), berikut tips untuk berbelanja di toko online (olshop) :

• Harga
 Siapa sih yang ga mau belanja dengan harga murah ?
ini yang sering terjadi, kebanyakan orang tertipu karna barang yang dijual sangat murah dan jauh dari harga pasaran. sebelum kita berbelanja online ada baiknya kita melihat harga pasaran dulu, atau bisa kita cek di toko online lain untuk dibandingkan, jika harga yang ditawarkan jauh dari harga pasar lebih baik kita berhati hati

• Lokasi
 Pada umumnya lokasi yang sering digunakan toko online palsu tidak berada di kota kota besar. toko online penipu dengan berbagai alasan untuk menghindari pembelian Cash On Delivery (COD) dan tidak memiliki alamat toko yang jelas untuk pembelian secara offline.

• Rekening Bersama
 Rekening bersama dibuat dan dikembangkan beberapa komunitas sebagai solusi maraknya penipuan online. mesikun banyak toko online yang jujur tidak menggunakan rekening bersama ini karna sudah terpercaya. Ketidak inginan si penjual menggunakan rekening bersama seharusnya sudah bisa dijadikan faktor kecurigaan kita.

• Foto Produk
 Foto palsu yang ditawarkan biasanya diambil dari berbagai forum. ada juga yang memasang foto tidak sesuai dengan kondisi barang yang dijualnya, tidak sedikit yang kecewa ketika membeli barang di toko online tidak sesuai dengan yang di pajang.

• Rekomendasi
 Lebih baik kita melihat komen atau rekomendasi dari pembeli lain nya untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan. tinggalkan jika banyak yang komen buruk tentang toko online tersebut atau tidak merekomendasikan.
tetapi kita harus lebih teliti apakan yang komen baik/merekomdasikan benar benar pelanggan yang sudah berbelanja di toko online tersebut? atau hanya akun fake yang dibuat ?

• Website,
Perhatikan, kebanyakan toko online palsu menggunakan website yang kurang profesional atau menggunakan domain gratis. dengan begitu setelah dapat pembeli si pemilik toko online palsu dapat dengan mudah meninggalkan website tersebut, dan membuat website gratis baru lagi.

Itulah beberapa faktor yang perlu kita pertimbangkan untuk belanja online,
Memang perlu diakui banyak penjual online shop jujur, tapi kalau anda perhatikan, rata-rata penjual tersebut sudah amat terkenal reputasi baiknya, sehingga dia tetap terpercaya.

"Jadilah penjual yang jujur dan pembeli yang cerdas" 

 

Jika anda merasa tertipu atau malah sudah ditipu bisa melaporkan ke pihak yang berwajib
atau melapor melalui email, kirim semua bukti dan data ke cybercrime@polri.go.id 
lalu segera melaporkan rekening si penipu ke bank yang bersangkutan

berikut nama-nama bank besar beserta call centernya:
– Bank BCA di 1500888
– Bank BNI di 1500046
– Bank CIMB di 14041
– Bank Mandiri di 14000
– Bank BRI di 14017

You Might Also Like

0 komentar:

Translate