Pengalaman tentang e-cash

01:27:00 Unknown 0 Comments


Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Sebelum tau e-cash saya pernah hampir kena tipu!
Awalnya saya memasang iklan Kain Katun Jepang Kiloan di sebuah situs jual beli, setelah beberapa hari ada penelpon yang ingin membeli kain tersebut, tanpa basa basi dia minta paketan 20kg
setelah dibuatkan paketan 20kg saya kirim foto untuk memberitahu motif yang sudah dipaketkan
tanpa ragu dan bimbang dia langsung mengiyakan paket itu dan ia ingin transfer setelah magrib katanya.

Setelah magrib ia menelpon lagi, katanya sudah transfer melalui e-cash, dan saya saat itu belum tau e-cash itu apa dan memang belum ada saldo masuk melalui sms banking, kebetulan transfer ke rekening anak saya yang perempuan. untuk meyakinkan saya, ia memberi foto KTP yang entah punya siapa, untuk pengiriman paket ke alamat yang tertera di KTP.

Ketika setelah isya ia kembali nelpon saya, katanya uang bisa diambil di mesin ATM bank tersebut, alhamdulilahnya anak perempuan saya tidak dirumah saat itu. lalu saya disuruh pergi ke ATM tidak bisa lama" katanya harus segera diambil, saya mulai curiga disitu :D
dan memang belum ada sms banking yang masuk kata anak saya.

Saya bilang ke pembelinya bahwa tidak ada sms saldo masuk ke rekening anak saya dan memang anaknya juga tidak ada dirumah. lalu dia bilang bisa pakai kartu ATM lain, lho ...??
apa benar bisa pakai kartu atm lain? sedangkan nomer rekeningnya bukan yang dia transfer tadi ?
saya tambah curiga dan heran, mana mungkin bisa?
saya otomatis bilang ke dia dong, tidak mungkin bisa, lalu dia marah" katanya uang sudah ditranfer barangnya belum dikirim dan minta ganti rugi seharga barang tersebut.

Setelah saya browsing tentang e-cash, ternyata pengambilan uang di mesin ATM hanya untuk penarikan tunai dari rekening ponsel tersebut, dan tidak perlu menggunakan kartu ATM, setelah saya baca" jadi ngerasa gaptek :D

Pembeli itu terus marah" minta uangnya dikembalikan, dan dengan rasa yang sok tau setelah baca artikel tentang e-cash saya jelaskan dan saya bilang penggunaan e-cash itu tidak seperti itu, dan setelah itu mungkin ia sadar kalo saya sudah mengetahui modus penipuan itu.

"Musibah yang kita temui pasti ada jalan keluarnya

Jangan putus asa, terus hadapi dengan penuh semangat

tanpa mengeluh dan ambil hikmahnya"


alhasil .. tidak lama kemudian kontak saya didelet semua :D
dan saya sangat berterimakasih karna berkat pembeli itu saya jadi tau tentang e-cash :D
tenyata memang banyak modus dengan menggunakan e-cash ini, jadi harus lebih berhati"

Ingat hadapi masalah dengan 5 jangan :
1. Jangan panik

2. Jangan tergesa gesa
3. Jangan emosi
4. Jangan didramatisir
5. Jangan putus asa

untuk yang belum tau tentang e-cash silahkan baca artikel dibawah :
http://www.bankmandiri.co.id/article/mandiri-ecash.aspx

You Might Also Like

0 komentar:

Translate