Cara Membuat Patchwork Quilt

18:14:00 Unknown 0 Comments

 

Patchwork quilt atau selimut (quilt) yang dibuat dengan kerajinan kain perca (patchwork) sangat cantik dilihat, dimiliki dan dibuat. Salah satu proyek prakarya pertama yang dipelajari gadis-gadis muda generasi masa lalu adalah membuat patchwork quilt. Langkah memulainya sangat sederhana dan keahlian Anda akan terus tumbuh tiap Anda menyelesaikan suatu proyek. 

 

 

Metode 1 dari 3: Sebelum Menjahit  
  1. Gambar berjudul Make a Patchwork Quilt Step 1
     
    1  Kumpulkan bahan-bahan bekas atau kain perca. 
    Anda bisa mendapatkan perca dari proyek menjahit Anda yang lain, baju-baju lama, atau kain dari keluarga dan teman. Simpan semuanya untuk proyek patchwork quilt Anda.
    • Anda bisa memilih kain perca dengan satu ukuran yang sama atau beragam ukuran dan bentuk, tergantung selera. Pikirkan bagaimana potongan-potongan kain menjadi satu kesatuan. Coba paling tidak 6 pola yang berbeda.
  2. Gambar berjudul Make a Patchwork Quilt Step 2
     
    2  Cari sebuah pola. 
    Cari di internet (Google Books adalah tempat yang baik untuk memulai) dan buku prakarya untuk mencari pola yang sesuai dengan minat Anda atau buat sendiri polanya dengan menentukan quilt seperti apa yang akan Anda buat.
    • Desain quilt menggunakan potongan-potongan kain kecil dan membuat tampilan kolase dari satu bagian dari satu cetak biru desain. Potongan kain biasanya tidak lebih kecil dari 5 cm2 dan bisa jauh lebih besar dari itu, tergantung desain yang Anda pilih.




  3. Gambar berjudul Make a Patchwork Quilt Step 3
     
    3 Pilih pola quilt yang Anda inginkan. 
    Kemudian potong kain sesuai warna dan pola yang Anda perlukan. Gunting yang tajam sangat diperlukan untuk langkah ini.
    • Pastikan Anda melebihkan tempat menjahit 1,25 cm di tiap sisi potongan kain perca. Apabila Anda ingin bentuk segi empat berukuran 5 cm, pastikan menggunting dengan ukuran 6,25 cm di tiap sisinya.
      • Tentu Anda tidak harus menggunakan bentuk kotak atau bujur sangkar saja. Persegi panjang dan segitiga juga bisa digunakan.
    • Bentuk pola Anda di lantai. Akan lebih mudah menyusunnya ketika belum dijahit menyatu. Susun potongan kain dengan urutan sesuai keinginan Anda. Selain Anda bisa melihat bagaimana susunan warnanya, Anda juga bisa melihat seberapa besar quiltnya nanti dan apakah ukurannya sesuai dengan keinginan Anda 

Metode 2 dari 3: Membuat Quilt
 
  1. Gambar berjudul Make a Patchwork Quilt Step 4
     
    1 Jahit tiap potongan quilt agar menyatu. 
    Kerjakan per baris. Anda bisa menggunakan mesin jahit atau dengan tangan apabila Anda yakin dengan jahitan Anda–dan apabila Anda cukup sabar.
    • Setelah semua baris dijahit, satukan semua baris satu sama lain. Akan lebih mudah menyatukan semua baris dibanding menjahit potongan kain secara acak.
    • Pastikan semua potong kain menghadap sisi yang benar! Bagian yang bermotif harus berhadapan sama. Apabila Anda menggunakan mesin jahit, pastikan pengaturan kakinya 0,6 cm.




  2. Gambar berjudul Make a Patchwork Quilt Step 5
     
    2  Tekan permukaan quilt dengan setrika. 
    Atur temperaturnya sesuai kain Anda. Ratakan jahitannya untuk memastikan quilt lurus setelah selesai dijahit.
  3. Gambar berjudul Make a Patchwork Quilt Step 6
     
    3  Gunakan satu lembar kain untuk untuk bagian belakang quilt Anda. 
    Ukurannya harus 20 cm lebih lebar dan lebih panjang dari bagian atas quilt yang sudah selesai. Kain yang dibeli di toko akan dipotong sesuai keperluan Anda, tetapi Anda mungkin perlu membeli dua lembar kain panjang dan kemudian dijahit menjadi satu.
    • Letakkan kain di area tempat Anda bisa meletakkan semuanya secara bersamaan. Letakkan dengan muka menghadap lantai. Sisi belakang kain yang menghadap pada diri Anda.
    • Hamparkan di lantai atau meja yang besar dan lebar. Letakkan dengan muka kain menghadap ke bawah. Ratakan permukaan kain.
    • Tempelkan bagian atas dan bawah ke lantai menggunakan selotip, licinkan kerutan sebelum meletakkan selotip. Sangat penting untuk membuat kain selicin mungkin tanpa menarik kain terlalu kencang sehingga garisnya berubah.
      • Setelah rata, ambil Quilter's 505 dan semprotkan di atas kain belakang quilt.




  4. Gambar berjudul Make a Patchwork Quilt Step 7
     
    4  Ratakan lapisan quilt batting (busa kapas) di atas kain. 
    Batting cenderung menahan lipatan di tempatnya, tetapi selama Anda telah melicinkannya, jangan khawatir, garis lipatan tidak akan terlihat. Batting tidak perlu disetrika.
    • Semprot lagi 505 di atas batting.




  5. Gambar berjudul Make a Patchwork Quilt Step 8
     
    5  Letakkan bagian depan quilt menghadap ke atas. 
    Lapisannya harus rata tanpa kerutan. Anda akan mendapatkan bagian depan quilt lebih kecil dibanding batting dan kain belakang quilt–ini disengaja karena kalau tidak begitu akan sulit menyejajarkan semua lapisan dengan sempurna. Licinkan semua kerutan hingga bagian depan quilt rata.
    • Satukan semua lapisan dengan jarum pentol dengan jarak 15,24 cm satu sama lain. Anda bisa menggunakan sebanyak pentol yang Anda mau. Pasang pentol dari tengah dan keluar secara konsentrik. Ini artinya kain akan tertekan keluar quilt bukan terkumpul di tengah.
      • Setelah semuanya dipasangi jarum pentol, buka selotip, lepaskan quilt dari lantai.




  6. Gambar berjudul Make a Patchwork Quilt Step 9
     
    6  Jahit semuanya agar menyatu. Cara Anda menyatukan tiap lapisan tergantung keinginan Anda, penjahit quilt yang sudah berpengalaman sering menggunakan jahitan gerakan bebas yang berombak-ombak menjahit quilt dengan lingkaran dan putaran. Namun, metode yang yang paling sederhana adalah dengan stitch-in-the-ditch. Ini artinya menjahit mendatar sehingga jahitan masuk ke ditch (parit) yang tercipta ketika dua potongan kain perca disatukan oleh jahitan.
    • Jahit semua lapisan atau gunakan pola memutar menggunakan benang yang kontras dengan warna kain. Anda juga perlu menjahit di tengah tiap kotak agar bagian belakang dan depan quilt tidak terpisah.
    • Setelah quilt selesai di jahit hingga semua lapisannya menyatu, Anda bisa merapikan pinggiran quilt, memangkas bagian belakang dan batting yang terlihat keluar tepi quilt.
     

Metode 3 dari 3: Menjahit Pinggiran Quilt

 

  1. Gambar berjudul Make a Patchwork Quilt Step 10
     
    1 Potong kain panjang untuk pinggiran quilt. 
    Ukurannya tergantung ukuran quilt Anda. Ukuran yang bagus adalah sekitar 6,25 cm untuk lebarnya. Kain panjang ini akan membentuk bingkai di semua sisi quilt Anda.
    • Potong kain panjang yang cukup untuk mengelilingi quilt. Ukurannya harus lebih panjang dari quilt untuk bisa menumpuk di kedua sisi.
    • Apabila Anda tidak memiliki empat kain panjang, satukan beberapa lembar kain hingga cukup untuk panjang keliling quilt.




  2. Gambar berjudul Make a Patchwork Quilt Step 11
     
    Sejajarkan kain panjang untuk tepi quilt. 
    Sejajarkan kain panjang dengan bagian depannya saling menghadap pinggir, beri jarum pentol di sepanjang sisi panjang quilt. 
     
     
     
     
  3. Gambar berjudul Make a Patchwork Quilt Step 12
     
    3  Jahit persis 2,5 cm dari sisi panjang. 
    Jahit dari satu tepi quilt ke tepi yang lain. Ketika Anda mencapai ujungnya, hati-hati memotong kelebihannya, hingga bagian bawah kain tepi sejajar dengan bagian bawah quilt.
    • Ulangi di sisi seberangnya dan mulai lagi untuk kedua sisi.


    Hal yang Anda Butuhkan

    • Beragam potongan kain
    • Pola quilt
    • Mesin jahit
    • Gunting
    • Kain bagian belakang quilt
    • Batting untuk bagian dalam quilt
    • Setrika
    • Meja besar untuk menyusun quilt (opsional)
    • Jarum pentul
    • Benang dengan warna kontras



    Sumber :



You Might Also Like

0 komentar:

Translate